OTAK KIRI BERPERAN DALAM KEMAMPUAN BACA

Redaksi New Jurnalis
0

 


 

Dua perlima populasi dunia hanya memakai otak kiri. Otak kiri berperan dalam kemampuan baca, tu lis, hitung, dan fungsi kognitif lainnya sebagai bentuk berpikir serial. Hanya seperlima populasi dunia yang memanfaatkan otak kanan sebagai bentuk berpikir paralel, lebih holistik (menyeluruh), kreatif, intuitif, dan imajinatif.

Selama ini kebanyakan kita hanya mendewakan belahan otak kiri dan membiarkan otak kanan mengang gur. Padahal, banyak temuan meng ungkapkan bahwa peran otak kanan sama pentingnya dengan otak kiri. Otak kiri untuk kemampuan komunikasi yang efektif, sementara otak kanan untuk komunikasi yang pragmatik. Ke dua jenis komunikasi ini, untuk eloknya hidup dan kehidupan, selaiknya digabungkan.

Orang yang hanya memanfaatkan otak kiri dan membiarkan otak kanannya menganggur tak ubah nya robot. Hidup orang berotak kiri (left brainer) tidak seekspresif orang yang juga memakai otak kanan (right brainer). Menyadari betapa penting meman faatkan otak kanan selain otak kiri, sekarang orang mulai memanjakan otak kanannya, misalnya dengan

Post a Comment

0 Comments
Post a Comment (0)