OTAK MANUSIA YANG BERATNYA CUMAN 1.5 KG

Redaksi New Jurnalis
0


 

Neuron lain lewat jutaan kabel dan terminal yang membentuk organ otak. Yang terjadi dalam kerja otak adalah peristiwa kimiawi dan peristiwa listrik diantara miliaran sel otak.

Satu sel otak neuron, dalam bahasa komputer, berkapasitas satu byte. Jadi, otak manusia yang be ratnya cuma 1,5 kilogram memiliki kapasitas memori sebesar 10 gigabyte. Kendati berat otak hanya seper empat puluh berat tubuh, kebutuhan zat asamnya mencapai seperlima seluruh kebutuhan tubuh, jauh melebihi kebutuhan zat asam semua organ tubuh lainnya. Ini membuktikan bahwa organ otak tergolong amat vital.

Di antara semua organ tubuh, otak paling bela kangan diteliti. Itu sebabnya, seluruh misteri otak belum tersingkap. Meski demikian, telah cukup ba nyak temuan berarti selama dasawarsa terakhir yang telah membantu memperlihatkan makna otak bagi kehidupan dan penghidupan kita. Otak bukan hanya sekadar organ yang membuat kita mampu bertahan hidup.

Dari beragam riset mengenai otak, banyak hal baru terungkap. Lompatan dalam temuan jenis-jenis baru neurotransmiter atau zat kimiawi penghantar antarsel otak, misalnya. Dari hanya lima jenis neu rotransmiter yang dikenal dunia medis sejak seabad lalu, kini sudah ditemukan hampir seratusan jenis. Apa makna temuan ini?

Post a Comment

0 Comments
Post a Comment (0)