RAHAYU RAHAYU RAHAYU

Redaksi New Jurnalis
0
RAHAYU RAHAYU RAHAYU

Rahayu Sagung Dumadi Adalah salam yang sering terucapkan kepada saudara saudari semua dari Nusantara.Apakah makna nya ?

Salam Rahayu atau Mugi Rahayu Sagung Dumadi atau Rahayu Rahayu Rahayu adlh berasal dari kosa kata JAWA kuno yang memiliki arti : Semoga keselamatan, kedamaian & kesejahteraan selalu bersama kita semua sebagai makhluk ciptaan nya dengan segala aspek nya. Bahwa ciptaan nya memiliki berbagai aspek kehendak nya, energi nya, kasih nya dan ruh nya.

“Selamat” bermakna semoga kita mampu menjaga kesadaran utk hidup di mayapada yg penuh tipu daya nafsu ini. Stlh mampu menjaga kesadaran kita, tentu kedamaianlah yg di dapatkan dlm diri. Damai batin & fikir akan brpengaruh pd damai hidup Kita & menciptakan kedamaian dlm masyarakat

Kedamaian akan ber implikasi pada kesejahteraan, dimana suasana hati & ruang lingkup yg damai, akan menciptakan suasana kondusif bagi usaha dan semangat meraih kesejahteraan jiwa dan raga kita.

RAHAYU juga dimaknai berasal dari kata Rhasa Lan Memayu : Kesadaran utk memperindah.

Menyebarkan kebaikan, positifitas, rasa aman & damai adalah perilaku keseharian yang dilandasi kesadaran agung jiwa-jiwa tercerahkan. Jadi RAHAYU bukan hanya harapan atau doa, namun juga sikap mental dan perilaku dari penghayat kepercayaan sesungguhnya.

Dari filosofi ajaran tsb, agar kita bisa memiliki misi sebagai berikut:

Mamayu Hayuning Pribadhi (rahmat bagi diri pribadi)
Mamayu Hayuning Kaluwarga (rahmat bagi keluarga)
Mamayu Hayuning Sasama (rahmat bagi sesama manusia)
Mamayu Hayuning Bhuwana (rahmat bagi alam semesta)

Post a Comment

0 Comments
Post a Comment (0)