Bagaiaman Psikologis Menulis Sejarah Lokal Adat dan Tradisi dari Desa ke Desa

Redaksi New Jurnalis
0

JAKMAS | Mojokerto Jum'at 16 Februari 2024. PASEBAN XI Membuka ruang untuk menulis sejarah lokal Adat dan Tradisi dari Desa ke Desa.

Ada multi dimensi untuk bisa dihadirkan sebagai landasan positif menuju visioner Ba ngsa. Adalah Punden sebagai titik muasal Peradaban utama bukan hanya sebatas marginalitas, demikian papar Gus Dian panggilan akrab yang empunya nama asli Dian Hadi Yuwono.

Sudah ada tiga buku tentang sejarah Punden oleh team penulis dari PASEBAN XI,sebagai narasumber adalah Dian Hadi Yuwono dan penulis Dian Soekarno.


Sebagai Sekjen dan Pendiri PASEBAN XI yang didirikan di Blitar tahun 2019. Dan saat ini Gus Dian sudah melebarkan sayap melalui DPC agar semua team bergerak untuk koordinasi dengan wilayah masing masing mensosialisasikan dan menggiatkan kembali penulisan tentang sejarah Punden Punden di Desa se Jawa Timur.

PASEBAN XI akan mendunia Hong Sabda Dewani Prayogananira Sariraning Randhu Hong. Gus Dian mengakhiri wawancara kami dengan doa.

Bangkitnya peradaban bisa menggeliat dan memunculkan banyak inspirasi tentang bagaimana mengimplentasikan dan menginformasikan kepada masyarakat luas tentang sejarah kearifan lokal, yang menjadi akar dari adat tradisi dan seni yang tercakup dalam salah satu ranah luasnya dari kata Budaya. Karena Budaya adalah dasar dan inti kehidupan dari semua makhluk di luasnya jagad raya ini.
Salam Budaya Nusantara.

Jurnalis: Endah Koeswantoro.
Tags

Post a Comment

0 Comments
Post a Comment (0)